Kelurahan Raya Bakal Menjadi Pusat Ekowisata Kabupaten Lingga

LINGGA,- – Bukit Tumang yang merupakan lahan pasca tambang timah di daerah Kelurahan Raya, Kecamatan Singkep Barat, kini akan dijadikan pusat ekowisata Kabupaten Lingga.

Kondisi lahan bukit tumang saat ini, memiliki sejumlah kelebihan karena memiliki danau buatan atau kolong bekas aktivitas penambangan timah.

Selain itu, banyak juga tebing dari bebatuan besar, menambah keindahan daerah itu.” Ujar Lurah Raya, munzilin, jumat (7/09/2018)

Munzilin menjelaskan, sudah tiga kali tim BWSS IV turun ke lokasi Bukit Tumang untuk melakukan penelitian dan pengecekan kondisi wilayah hingga memastikan lahan yang akan dibangun itu bebas dari sengketa atau kepemilikan warga.

“Terakhir kali turun, tim membawa alat khusus untuk mengecek kedalaman tanah asli di lokasi itu,” katanya.

Munzilin juga memperkirakan pekerjaan pembangunan wilayah pasca tambang itu akan dimulai pada tahun depan. Bukan sekadar pembangunan biasa, wilayah itu diperkirakan akan dibangun menjadi kawasan wisata yang baik dan bagus dengan rancangan anggaran berkisar Rp 9 miliar.

Munzilin berharap pembangunan ekowisata di Bukit Tumang berjalan sesuai dengan rencana yang diperkirakan. Sehingga kawasan wisata Bukit Tumang akan menjadi ikon Kabupaten Lingga.

“Jika berjalan dengan lancar, maka Bukit Tumang menjadi andalan wisata di Pulau Singkep,” pungkasnya.

Laporan : Agus Salim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *