5 Ribu Wisman Saksikan Ironman Bintan

Kinjungan wisatawan dalam kegiatan iron man di Bintan (F.ist)
Kunjungan wisman dalam acara Ironman Bintan (F.Ist)

BINTAN – Dinas Pariwisata Bintan, Kepulauan Riau menyatakan sebanyak 5 ribu wisatawan mancanegara akan menyaksikan Ironman 2018.

Ribuan wisman mulai memadati Lagoi, kawasan wisata berskala internasional di Kabupaten Bintan untuk menyaksikan Ironman pada 19 Agustus 2018.

Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Luki Zaiman Prawira, di Lagoi, mengatakan, ribuan wisman terdiri dari peserta Ironman dan Ironkids.

Peserta Ironman dan Ironkids lebih dari 1.200 orang. Mereka tidak datang sendiri ke Bintan, melainkan membawa keluarganya. Seluruh kamar hotel di Lagoi dan sekitarnya sudah penuh mulai hari ini hingga besok.

“Itu (kunjungan wisman) menunjukkan antusiasme turis terhadap “event” Ironman dan Ironkids,” ucapnya.

Luki mengatakan Ironman diselenggarakan pada Minggu (19/8).

Pemerintah dan institusi lainnya di Bintan yang terlibat dalam kepanitiaan menyatakan siap melaksanakan Ironman.

Salah satu persiapan yang dilakukan yakni pengamanan dan kenyamanan peserta. Pemerintah juga memperindah seluruh kawasan yang dilalui peserta Ironman seperti memperbaiki dan membersihkan jalan menjelang pelaksanaan Ironman 2018.

“Bagian jalan yang rusak sudah diperbaiki. Kawasan yang dilalui peserta Ironman dan Ironkids juga dipercantik,” ujarnya.

Wisata olahraga itu berpusat di kawasan wisata Lagoi Bay. Peserta harus berenang sejauh 1,9 kilometer, lari 21,1 kilometer, dan bersepeda melewati sejumlah kawasan di Bintan sejauh 90 kilometer.

Wisman yang menjadi peserta Ironman juga dapat menikmati keindahan alam, dan keramahan masyarakat selama mengayuh sepeda mengikuti rute yang telah ditetap panitia Ironman.

“Mereka tidak mengejar hadiah,” katanya.

Rute balap sepeda yang dilalui mulai dari Lagoi Bay, Sungai Kecil, Tanjunguban, Desa Busung, jalan Lintas Barat, Kuala Siampang, dan kembali lagi ke Lagoi Bay.

“Kami mencatat sebanyak 1.200 orang dari 54 negara mengikuti Ironman 2018. Sebagian besar berasal dari Singapura. Banyak warga asing yang tinggal di Singapura mengikuti kompetisi ini,” ucapnya.

Luki menjelaskan Ironman merupakan kegiatan pariwisata yang dikemas dalam bentuk olahraga. Kegiatan ini mirip dengan triathlon yakni peserta harus berenang, berlari dan bersepeda.

“Besok ada pejabat yang mewakili Menteri Pariwisata yang membuka Ironman,” ujarnya.
Ia mengatakan Ironman bagian dari strategi peningkatan jumlah kunjungan wisman ini dinilai berjalan efektif selama bertahun-tahun. Dengan mengikuti kegiatan ini, peserta dapat menikmati keindahan pantai Bintan dan keindahan kawasan wisata di Lagoi Bay. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *