Latihan TNI AL Bersama U.S. Navy dan USMC Resmi Dibuka

Pembukaan acara latihan bersama TNI AL, U.S. Navy dan USMC (F.ist)
Pembukaan acara latihan bersama TNI AL, U.S. Navy dan USMC (F.ist)

JAKARTA,- -Kepala Staf Koarmada I Laksamana Pertama TNI Heru Kusmanto resmi membuka Latihan Bersama Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) Tahun 2018 antara TNI Angkatan Laut, U.S. Navy dan USMC, di Markas Komando (Mako) Komando Latihan (Kolat) Koarmada I, Sunter Kodamar, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (10/8).

Laksamana Pertama TNI Heru Kusmanto mengatakan, latihan CARAT tersebut  bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personel Angkatan Laut juga untuk mempererat kerjasama kedua negara. Kegiatan ini merupakan implementasi dari kegiatan bilateral kedua negara di lapangan dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas, profesionalisme dan kerjasama kedua negara di bidang maritim, katanya.

Sebanyak 119 Personel Angkatan Laut dan Korps Marinir AS prajurit yang terlibat dalam latihan CARAT dengan menampilkan serangkaian pelatihan di laut mencakup pertempuran permukaan,  penanggulangan teroris dan perompakan di atas kapal Visit, Board, Seach and Seizure (VBSS), latihan persenjataan serta operasi patroli laut.

Dalam latihan tersebut sedikitnya menerjunkan kapal perang dan pesawat udara kedua negara antara lain KRI Sultan Iskandar Muda-367, KRI Banda Aceh-593, USS Rushmore serta Helly BO-105, Cassa dan P-8. 

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *