Selama ini Dianggap Musuh Petani, Resam Jadi Sumber Pendapatan Masyarakat

Tumbuhan resam (ist.)
Tumbuhan resam (ist.)

LINGGA,- – Tingkatkan sumber pendapatan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Lingga akan memanfaatkan jenis tumbuhan liar. yakni, jenis tumbuhan resam.

Tumbuhan ini menjadi sumber bahan baku untuk membuat kerajinan hingga bernilai ekonomis bagi masyarakat.

Melalui hal tersebut, Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Kabupaten Lingga, Muhammad Rahmayadi mengatakan, selama ini di kalangan masyarakat resam hanya dianggap sebagai gulma dan musuh petani.

jika tumbuhan resam yang banyak hidup di pinggir jalan dan lahan-lahan kosong di Lingga di olah maka mampu memberi nilai tambah bagi masyarakat, katanya.

“Ide dan gagasan memanfaatkan resam ini, muncul dari pak Bupati Lingga. Beliau sendiri yang mendatangkan instruktur dari Jambi untuk melatih ibu – ibu binaan PKK dan Dekranasda untuk membuat kerajinan tangan dari resam,” ujarnya.senin (23/07/2018)

Lanjut dia, berkat bimbingan instruktur yang sudah berpengalaman, sekarang ada sekitar 20 orang pengrajin resam di Lingga, yang telah memanfaatkan tumbuhan tersebut menjadi benda bernilai ekonomi tinggi seperti, gelang, topi, tas, vas bunga dan aksesoris cantik lainnya.

“Ada 20 orang ibu-ibu dan bapak-bapak yang sudah mengikuti pelatihan kerajinan anyaman resam ini. Mudah-mudahan mereka bisa mengembangkan ilmunya ke yang lain sehingga resam ini betul-betul menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat,” katanya.

Laporan :Agus Salim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *