Mendagri: Mensukseskan Asian Games Kerja Seluruh Bangsa

PALEMBANG – Usai menghadiri acara Sidang Paripurna DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) dalam rangka HUT Provinsi Sumsel di Palembang, Rabu (23/5), Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sempat menyinggung persiapan Palembang sebagai tuan rumah pesta olahraga terbesar se-Asia, Asian Games. Tjahjo meminta agar semua pihak khususnya para kepala daerah di Sumsel mendukung suksesnya hajatan tersebut. Dan tak hanya warga Sumsel, seluruh rakyat Indonesia harus mendukung suksesnya Asian Games. Sebab gelaran Asian Games tidak hanya di Sumsel tapi juga di Jakarta. Ini jadi pertaruhan citra bangsa Indonesia di mata dunia internasional.

Tjahjo juga berharap,  lewat Asian Games prestasi olahraga Indonesia terangkat. Ia pun mengingatkan, ajang olahraga adalah momentum untuk menunjukan kehebatan bangsa Indonesia. Sebab dalam olahraga terkandung nilai-nilai positif yakni spirit sportivitas dan disiplin. Karena itu semua elemen bangsa harus bergerak mendukung dan mensukseskan Asian Games.

“Sekarang sudah gerak tidk hanya dipalembang, tidak hanya di Jakarta tapi di seluruh Indonesia harus pasang spanduk dan sebagainya dan sebagainya. Ada gerak jalan, obor api. Saya kira ini kerjanya Indonesia.

Soal tempat di Jakarta, di Palembang memang tempatnya di situ tapi ini adalah prestasi Indonesia, kerja Indonesia,” kata Tjahjo, di Palembang, Rabu (23/5).

Tentunya pemangku kebijakan khusus kepala daerah punya kewajiban ikut mendukung suksesnya hajatan yang akan membawa nama baik bangsa Indonesia. Ia minta seluruh kepala daerah bahu membahu mendukung ajang Asian Games. Sehingga pesta olahraga terbesar se-Asia itu berjalan sukses.

“Ya saya kita harus diingat bahwa melalui media olahraga ini, yang dulu juga dicanangkan oleh Bung Karno tahun 1955 dengan semangat olahraga membangun sportivitas, disiplin ini mampu mengangkat nama bangsa dan negara,” ujarnya.

Presiden Jokowi sendiri, lanjut Tjahjo bertekad Asian Games di Indonesia bisa berjalan sukses. Dan, kepala negara juga sudah mengingatkan seluruh kepala daerah, khususnya kepala daerah yang wilayahnya jadi tempat ajang Asian Games, bekerja sama mensukseskan Asian Games. Sebab Asian Games adalah kerja bangsa yang harus didukung semua elemen bangsa.

“Pak Jokowi, bersama-sama dengan Gubernur Sumsel dengan Gubernur DKI Jakarta ada sedikit Jawa barat, ada Banten, mari kita sukseskan Asian Games, tidak hanya sebagai tuan rumah tapi juga ujungnya untuk meningkatkan prestasi kita (prestasi olahraga),” katanya.

Humas Kemendagri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *