Meriah ! Gemarikan dan B2SA Bintan Usung Tema Khas Daerah

BINTAN – – Sebagai wilayah mayoritas perairan, Kabupaten Bintan memang sangat sesuai untuk menjadi salah satu garda terdepan dalam mewujudkan masyarakat yang gemar mengkonsumsi hasil biota laut termasuk ikan. Program Gemar Makan Ikan (Gemarikan) yang merupakan salah satu program nasional terus disosialisasikan kepada masyarakat melalui berbagai event dan perlombaan.

Tahun ini, kembali digelar Lomba Gemarikan dan Cipta Menu B2SA antar kader Kecamatan di de Bintan Villa, Kamis (3/5). Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos didampingi Ketua TP PKK Bintan Hj. Deby Maryanti, Ketua DWP Bintan Nong Adi Prihantara, Kepala OPD Bintan dan jajaran terkait lainnya, Apri dan Deby terlihat begitu antusias melihat satu demi satu stand peserta yang menyajikan beragam kreasi masakan.

Dalam sambutannya Apri menyampaikan bahwa kegiatan semacam ini memang sangat penting dan bermanfaat. Khususnya bagi Bintan yang notabene masyarakatnya sangat akrab dengan perikanan.

“Kegiatan semacam ini jelas sangat penting. Terlihat simple, tapi sesungguhnya tujuan kegiatan ini tak lain untuk mengingatkan masyarakat kita agar tetap cinta pada hasil alam. Ikan dengan protein dan omega 3 yang terkandung di dalamnya sangat baik bagi tubuh manusia. Kita punya modal bakunya, nah di sini dilatih lagi cara pengelolaannya agar bisa lebih bergizi dan seimbang” ungkapnya lugas.

Sementara itu, saat ditemui Deby mengungkapkan bahwa tahun ini TP PKK Bintan mengusung tema kuliner khas daerah dengan jenis ikan yang diolah adalah ikan bandeng. Dirinya berharap ketika pemenang nanti mewakili Bintan menuju tingkat Provinsi, tetap pada kreasi makanan yang beridentitaskan Bintan.

“Tahun ini penilaian tertinggi pada konsep masakan yang bertemakan kekhassan daerah. Kuliner kita kan banyak sekali, bisa dikreasikan namun tetap tidak merubah nilai khasnya. Di sini pointnya, Panganan khas daerag kita kreasikan dalam perlombaan sekaligus mengenalkan kembali betapa lezatnya cita rasa masakan yang ada di Bintan,” terangnya.

Lebih lanjut lagi Deby mengungkapkan bahwa dirinya sangat berharap kreasi masakan Bintan akan kembali membawa nama harum di kancah nasional. “Tahun 2016 kita meraih terbaik III nasional. InsyaAllah tahun ini semoga kita bisa menggenggam kembali sejarah itu bahkan sedapat mungkin kita tingkatkan,” pungkasnya.

Dalam perlombaan ini, pemenang kategori Gemarikan diraih oleh Kecamatan Bintan Utara sebagai Juara I, disusul Kecamatan Mantang sebagai Juara II, kemudian Kecamatan Gunung Kijang sebagai Juara III. Sementara itu untuk kategori Cipta Menu B2SA, Juara I diraih oleh Kecamatan Bintan Timur, diikuti Juara II yakni Kecamatan Gunung Kijang dan Juara III diraih oleh Kecamatan Teluk Sebong. (MCBintan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *