Grup Barongsai Asal Singapura dan Malaysia Ikut Festival Barongsai di Kepri

KARIMUN, RADARSATU.com – -Dua negara tetangga Kepulauan Riau yakni Singapura dan Malaysia ikut meramaikan Festival Barongsai di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau pada 16-17 Maret 2018.

“Festival Barongsai kali ini diikuti grup barongsai asal Singapura dan Malaysia,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar.

Ia mengatakan, sebanyak tiga grup barongsai asal Singapura mendaftar sebagai peserta, sedangkan Malaysia baru satu grup.

“Peserta dari Kepri sudah lebih dari enam grup, sedangkan Semarang dan Selat Panjang, Riau masing-masing satu grup,” ujarnya.

Buralimar merasa optimistis jumlah peserta Festival Barongsai di Coastal Area Karimun semakin banyak dari berbagai negara dan daerah di Indonesia.

“Kami masih membuka peluang para pecinta barongsai untuk mendaftar,” ucapnya.

Ia mengatakan pihaknya terus mempromosikan kegiatan kepariwisataan itu melalui berbagai media daring, termasuk bekerja sama dengan pegiat pariwisata asing. Promosi ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisman yang ingin menyaksikan Festival Barongsai 2018.

Dispar Kepri menargetkan jumlah wisman yang berkunjung ke Karimun untuk menyaksikan Festival Barongsai mencapai 1.000 orang.

“Kami yakin banyak turis dari China, Singapura dan Malaysia menyaksikan kegiatan pariwisata itu,” katanya.

Buralimar mengemukakan, Festival Barongsai merupakan kegiatan tahunan, yang mulai masuk kalender pariwisata Kepri tahun 2017. Kegiatan ini akan dipertahankan jika membuahkan hasil yang maksimal.

“Ini sebagai upaya kita pula untuk melestarikan budaya asal China,” katanya.

Penulis: H/R

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *