Ratusan Mahasiswa, PKL di 7 Lokasi Fokus Pertanian

LINGGA, – Ratusan mahasiswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) dari Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang, Bogor dan Medan ikut meraih aksi penanaman serentak yang akan dilakukannya pemerintah Kabupaten Lingga tidak lama lagi. Ratusan mahasiswa ini akan ditempatkan di beberapa lokasi yang sudah menjadi titik fokus perhatian pemerintah daerah Lingga.

Setelah sampai di kota Daik, ibukota Kabupaten Lingga, ratusan mahasiswa dari 3 sekolah pertanian ini mengikuti apel bersama penerimaan dan pelepasan yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Lingga.

Wakil Bupati Lingga, M Nizar pada saat itu mengatakan dari kesemua mahasiswa yang datang ini, akan dibagi pada beberapa desa yang sudah ditentukan sebagai lokasi fokus pertanian dan peternakan. Jumlah penempatan akan diatur berdasarkan luas lahan yang dibuka.

“Kami tekankan, masyarakat Kabupaten Lingga secara umum berprofesi sebagai nelayan. Jadi kita harap kedatangan adek-adek mahasiswa dapat membantu masyarakat agar paham bercocok tanam,” ucap Nizar, Selasa (13/02/2018).

Adapun lokasi PKL tersebut yakni, desa Sungai Besar sebanyak 14 mahasiswa pertanian dengan luas lahan 34 hektar, desa Bukit Langkap 32 mahasiswa pertanian dengan lahan seluas 45 hektar, desa Nekereh 17 mahasiswa dengan lahan 90 hektar.

“Dari tahun 2016-2017, telah tercetak sawah seluas 734 hektar melalui kerjasama dengan pihak TNI. Dan seluas 34 hektar melalui swadaya Bupati Lingga,” lanjut dia.

Disampingnya itu, desa Panggak Laut mendapatkan 27 mahasiswa dengan luas lahan 153 hektar, desa Panggak Darat sebanyak 23 mahasiswa diatas lahan seluas 135 hektar, dan desa Resang sebanyak 40 mahasiswa pertanian dengan lahan seluas 241 hektar serta desa Marok kecil ditempati 15 mahasiswa dengan lahan 70 hektar. Sementara desa Sungai Raya sebanyak 80 mahasiswa khusus pertenakan.

Laporan : Agus Salim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *