Dukung Program Pertanian di Lingga, Bulog Tawarkan Program Ini

LINGGA, – Divisi Regional Badan Urusan Logistik (Bulog) Riau – Kepri menawarkan program on farm atau usaha tani untuk meringankan beban pembiayaan petani di Kabupaten Lingga yang baru mengenal budidaya padi dan digadang-gadang mampu menjadi lumbung pangan di wilayah perbatasan.

“Program on farm ini merupakan program kemitraan Bulog bersama kelompok tani untuk membantu meringankan beban pembiayaan petani mulai dari pengolahan lahan sampai panen,” ungkap Kepala Divre Bulog Riau-Kepri, Awaluddin Iqbal di Pekanbaru, Sabtu, (10/2/2018).

Ia menjelaskan, program yang ditawarkan Bulog kepada petani ada beberapa macam, seperti on farm mandiri petani. Artinya, semua pembiayaan ditanggung petani, tetapi hasil panen semuanya dibeli oleh Bulog sesuai standar harga pemerintah.

“Selain itu, ada juga on farm mandiri Bulog. Artinya, semua biaya menjadi tanggungjawab Bulog mulai dari biaya pengolahan lahan sampai panen,” jelasnya.

Meski program on farm ini cukup bagus untuk membantu meringankan beban pembiayaan petani di Kabupaten Lingga, namun Iqbal memastikan, program on farm Bulog ini hanya bisa berjalan dengan baik jika didukung oleh Pemerintah Kabupaten setempat.

“Program ini hanya bisa berjalan dengan baik jika ada dukungan dari Pemerintah Kabupaten Lingga. Misalnya, Dinas Pertanian bertanggungjawab menempatkan penyuluh untuk melakukan pendampingan kepada petani dan pengawalan agar program on farm ini berjalan sesuai rencana,” katanya.

Bupati Lingga, Alias Wello, menyambut baik tawaran program on farm Bulog tersebut. Dia berharap, program kemitraan yang ditawarkan Bulog itu, mampu mempercepat target Lingga sebagai lumbung pangan di wilayah perbatasan tahun 2020.

“Program on farm Bulog ini kita sambut baik dan secepatnya ditindaklanjuti. Insya Allah, pertengahan Februari ini, kita sudah melakukan kegiatan tanam serentak seluas 600 Ha. Mudah – mudahan pada musim tanam berikutnya dengan lahan tanam yang lebih luas, program on farm Bulog ini sudah bisa kita jalankan,” harapnya.

Sumber: Batamtoday.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *