Wabub Bintan Buka Festival Jong Race Utara

Wabub BintanDalmasri Syam saat resmikan festival jong race utara tahun 2018
Wabub BintanDalmasri Syam saat resmikan festival jong race utara tahun 2018
Wabub BintanDalmasri Syam saat resmikan festival jong race utara tahun 2018
Wabub BintanDalmasri Syam saat resmikan festival jong race utara tahun 2018

Bintan, Radarsatu.com – Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, MM resmi buka festival jong race utara tahun 2018 di Pantai Keter, Kelurahan Tembeling Tanjung, Kecamatan Teluk Bintan, Jumat (8/02),

Acara tersebut dilaksanakan, selama tiga hari dan disejalankan dengan perlombaan lagu 60-an Pop Yee Yee.

Dikesempatan, WaBup Bintan Dalmasri Syam, MM mengatakan, untuk melestarikan budaya yang telah ada sejak dahulu kala ini, butuh keseriusan dalam pelaksanan kegiatan, dalam hal ini dinas pariwisata bintan telah membuktikan dengan sudah dilaksanakannya festival race jong utara sebanyak dua kali, dan kesemuanya berjalan dengan baik dan lancar.

“Untuk kedepan mungkin akan kita tingkatnya lagi event ini dengan cara menerima peserta lebih banyak lagi, agar nantinya event ini bukan hanya dapat kita jadikan event tahunan, namun bisa juga di jadikan ikon pariwisata baru yang dapat menarik ketertarikan para wisatawan yang berkunjung di kabupaten bintan,” terangnya

Selain itu, pihaknya juga berharap kedepanya festival ini bisa menjadi even tahunan.

“Kedepan festival race jong utara ini dapat dijadikan sebagai event tahunan tingkat propinsi kepulauan riau agar budaya yang memang telah ada sejak dahulu ini dapat lebih dikenal oleh daerah-daerah lainnya,” Ungkapnya

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Luki Zaiman Prawira, S. STP saat ditemui usai pembukaan festival menjelaskan, pada tahun ini jumlah peserta yang telah mendaftar sebanyak 350 seluruhnya terdiri dari berbagai Daerah di Kepri.

“Sebenarnya dari keseluruhan peserta yang mengikuti festival ini masih banyak lagi yang ingin mendaftar, dikarenakan keterlambatan pendaftaran, akhirnya mereka tidak dapat ikut,” ujar Luki.

Masih Luki, Untuk diketahui bahwa festival jong yang dilaksanakan di kampung keter laut ini, ada keunikan tersendiri dari festival jong race utara yang diadakan di daerah-daerah lain.

“Dimana kali ini jarak tempuhnya sejauh lebih kurang 500 meter dan untuk digaris bawahi bahwa jongnya tidak dilepas di laut, tapi dilepas di daratan seberang pulau keter, disitulah sebenarnya tantangan dan keunikan bagi para peserta festival jong kali tahun ini, peserta harus mampu melewati tantangan yang telah di siapkan oleh panitia,” katanya.

Luki menambahkan, puhaknya akan terus melaksanakan festival jong race utara ini tidak hanya di kampung keter saja, tapi di daerah lain juga akan digelar.

“Kita laksanakan guna melestarikan budaya yang telah ada sejak dahulu, agar budaya-budaya ini dapat terus di nikmati oleh setiap generasi,” tutupnya. (H/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *